-->

Penemu Handphone pertama

Penemu Handphone pertama 

Handphone atau telepon seluler modern pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur elektronik bernama Martin Cooper pada tahun 1973. Martin Cooper saat itu bekerja di perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat, Motorola. Ia berhasil menciptakan prototipe telepon seluler pertama yang disebut DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage). DynaTAC memiliki berat sekitar 1,1 kg dan ukurannya sekitar 23 cm x 13 cm x 4,5 cm, serta memiliki layar kecil yang menunjukkan nomor telepon yang dihubungi dan durasi panggilan.

penemu hand phone
Marty Cooper


Pada tahun 1983, Motorola kemudian merilis telepon seluler pertama untuk umum yang dikenal dengan nama DynaTAC 8000X. Telepon seluler ini memiliki bobot sekitar 800 gram dan memiliki kemampuan untuk menghubungkan panggilan suara dan mengirim pesan teks. Sejak saat itu, handphone menjadi semakin populer dan semakin banyak perusahaan yang memproduksi handphone dengan berbagai fitur dan teknologi yang semakin canggih..

Pendiri Motorola

Motorola didirikan oleh dua bersaudara, yaitu Paul Galvin dan Joseph Galvin, pada tahun 1928 di Chicago, Amerika Serikat. Saat itu, perusahaan yang mereka dirikan bernama Galvin Manufacturing Corporation. Pada awalnya, perusahaan ini memproduksi peralatan radio dan daya baterai untuk mobil.

Pada tahun 1930-an, Galvin Manufacturing Corporation mulai memproduksi radio mobil dan penerima radio portabel. Pada saat itu, nama "Motorola" digunakan untuk merk dagang perusahaan untuk produk-produk radio mobil mereka. Nama Motorola berasal dari kata "motor" yang mengacu pada mobil dan "ola" yang berarti suara atau bunyi.

Joseph Galvin memimpin perusahaan ini sampai tahun 1959 dan kemudian digantikan oleh putranya, Robert Galvin. Robert Galvin memimpin Motorola selama lebih dari 30 tahun dan berhasil mengembangkan perusahaan menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia. Martin Cooper, yang menciptakan telepon seluler pertama pada tahun 1973, bekerja di Motorola pada saat itu.


astana jati
Jl.nakula 2 Bawu Rt 30/06 Batealit Jepara

Related Posts

Subscribe Our Newsletter